Manfaat Buah Alpukat - Tutorial Online

Breaking

Friday 13 May 2016

Manfaat Buah Alpukat

Assalamuallaikum wr,wb sahabat.....
Apa kabarnya?
Semoga dalam keadaan baik dan sehat,dan tentunya selalu dalam lindungan ALLAH SWT.

Dari segala rahmat-Nya yang disediakan dibumi ini, banyak hal-hal yang patut kita syukuri ya...
Salah satunya ada pada buah Alpukat ini...
Buah yang amat saya gemari bersama keluarga dan pacar saya ... yang kami sangat menyukai buah ini karena selain rasanya enak, buah ini bisa dijadikan dalam aneka olahan...

Tapi disini saya hanya mempostingan tentang manfaat bauh alpukat hehe....
berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah alpukat :


  • Mempercepat penyerapan nutrisi
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu terungkap kabar bahwa nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap dengan baik, cepat dan efektif bila dimakan bersamaan dengan buah alpukat.

  • Menjaga kesehatan mata
Selain buah apel, alpukat juga bisa untuk menjaga kesehatan mata.
Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahab lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia.
Lutein adalah bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di klorolplas dan chromoplasts tanaman. Lutein bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Penelitian jiga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan resiko kelainan pada khususnya degenerasi makula dan katarak.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker
Menurut dokter, dalam tubuh setiap manusia terdapat sel kanker yang suatu saat bisa tumbuh, tergantung kondisi kesehatan tubuh masing-masing dan bagaimana cara seseorang memelihara kondisi kesehatan tersebut tetap stabil.
Sementara kaitanya dengan buah alpukat adalah dengan bantuan beberapa senyawa yang terkandung didalamnya mampu menghambat sel kanker serta mencari sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

  • Menurunkan kadar kolesterol
Penyakit seperti Familial hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menjangkiti seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik).
Dengan mengkonsumsi buah alpukat ini, insyallah kita dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya karena apapun yang diciptakan ALLAH pasti ada manfaatnya tanpa terkecuali buah alpukat ini,

  • Sumber glutathione antioksidan
Glutathione (GSH) merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel didalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini. Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.
Alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayut brokoli. 

  • Mengandung potassium
Potassium tergolong kedalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung. fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah pisang, tetapi faktanya membuktikan bahwa alpukat ternyata lebih banyak  sekitar dua kali lipat 975 mg.
Khasiat buah alpukat karena potassium tingginya antara lain:
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
  2. Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan/olah raga
  3. Memelihara kestabilan cairan, elektrolit dan asam basa di dalam tubuh.
  • Tinggi protein dan lemak tak jenuh
Buah alpukat menyimpan sekitar 4gr protein pada satu buahnya, angka tersebut bisa menyuplai kebutuhan protein harian manusia. Disamping itu, juga terdapat lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan yang nyatanya banyak mengadung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit.
Sahabat bisa mengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.
Menurut USDA Myplate dan Dietary Guidelines for Americans, buah alpukat menyediakan asam amino yang perananya serupa seperti potassium, yaitu membantu membangun dan memelihara otot serta jaringan-jaringan tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata
Buah alpukat mengandung lutein.
Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia.
Dikutip dari Avocado Central, lutein tidak bisa disintesa oleh tubuh. sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya. Tetapi timbul kabar baiknya, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini, karena alpukat memiliki sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.
Sebuah penelitin menunjukkan bahwa lutein terbukti terkonsentrasi pada makula mata yang dapat membantu menjaga kesehatan mata agar tetap sehat meski diusi senja. Jadi, bila sahabat ingin tetap normal melihat  indahnya alam pemberian ALLAH SWT, maka rawatlah kesehatan mata dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat.

  • Sangat baik untuk bayi dan ibu menyusui
Seperti yang sahabat ketahui bahwa daging buah alpukat matang sangat lunak sehingga balita pun tidak kesulitan ketika mengkonsumsinya.
Memberi asupan sehat sejak usia dini merupakan langkah tepat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas.
Berikut resep kreasi alpukat untuk bayi:
    1. Siapkan 1/8 buah alpukat matang dan segar, buah pisang tumbuk (bisa diganti dengan buah pir) dan yoghurt bayi rasa apapun yang disukai.
    2. Dalam wadah kecil seperti piring, tumbuk alpukat dengan buah lain, tuang yoghurt dan aduk rata.
    3. Sajikan ketika sang bayi saat ayik bermain.
  • Memelihata berat badan
Bagi sahabat yang sedang menjalankan diet rendah kalori?
Tambahkan alpukat kedalam daftar menu harian sahabat ya.....
Avocado Central menjelaskan bahwa proses pemeliharaan berar badan bisa dibantu dengan buah alpukat. Alasannya karena bebas kolesterol dan rendah kalori, serta kehadiran buah yang baik untuk diet ini dapat mengantikan sumber lemak lain. Ketika dikonsumsi, alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, fito-nutrien yang menunjang dier rendah kalori seseorang.
Bagi sahabat pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasi buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan, telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian sahabat sekitar 3gr.

  • Buah alpukat bagi kecantikan
Bagi sahabat wanita kecantikan nomor 1 yang pasti diperhatikan selain menjaga kecantikan, dan siap menjadi sorotan setiap mata lelaki memandang atau hanya untuk yang terkasih saja ya....
Buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan nitrisi yang baik sehingga mengaplikasikan buah alpukat sebagagi salah satu bahan alami buat kecantikan tentu sangat dianjurkan karena bahannya alami dan tidak ada efek samping...
    1. untuk melembutkan kulit
    2. sebagai pembersih wajah
    3. untuk scrub tangan
    4. untuk masker kulit minyak
    5. masker pelambab
Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung disini.
Salam hangat APITJI
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat dan mohon dukungannya serta bantuannya.
#Salam sukses

+ Follow this blog
Join on this site

with Google Friend Connect