Kasiat Daun Sirih - Tutorial Online

Breaking

Wednesday 4 May 2016

Kasiat Daun Sirih


Assalamualaikum wr,wb. sahabatku,

        Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang daun sirih, siapa yang tidak mengenal daun sirih ini? Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat/ bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya orang tua-tua kita, daun dan buahnya biasanya dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur yang dipercaya sebagai penguat gigi. Namun mengunyah sirih secara berlebihan saat ini dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentuk squamous cell yang bersifat miligan, juga kapurnya membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang membuat gigi tangal, walupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.
Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka) sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun melayu.
       Diindonesia, sirih merupaka flora khas provinsi Riau. Masyarakat kepulauan riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai diseluruh Indonesia, yang kebanyakan dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan sebagai obat.
daun sirih ini memiliki banyak manfaat seperti:

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih



Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.
  1. Dengan air rebusan sirih dapat digunakan untuk membersihkan mata
  2. Daun sirih dapat menghilangkan bau ketiak
  3. Daun sirih bisa untuk mengobati gigi dan gusi bengkak,
    caranya kunyah daun sirih hijau secukupnya/ berkumur dengan rebusan daun sirih ini secara rutin hal ini harus dilakukan, insyallah sakitnya akan berangsur membaik.
  4. Daun sirih hijau dipercaya dapat menghilangkan/mengobati keputihan.
    caranya rebus daunnya dengan porsi secukupnya, airnya dapat dimunum dan sisanya dibasuh divagina tersebut.
  5. Bagi yang terkena sariawan daun sirih ini bisa juga menjadi solusinya caranya kunyah daunnya/ air rebusan sirih bisa menjadi kumuran dan melakukan berkumur secara rutin juga bisa menghilangkan bau mulut.
  6. Daun sirih bisa menjadi obat luka bakar.
    caranya ambil daun sirih hijau, panaskan supaya daun menjadi layu, dan tempel kan di bagian luka bakar tersebut.
  7. Daun sirih bisa juga digunakan bagi orang yang lagi mimisan (keluar darah terus menerus pada lubang hidung) supaya darahnya berhenti, caranya gulung daun sirih setelah itu jadikan gulungan daun sirih tersebut sebagai sumbatan pada hidung tunggu dalam beberapa menit sampai kita  tidak merasakan aliran darah dihidung.
  8. Daun sirih juga bisa menghilangkan gatal-gatal dikulit/penyakit kulit lainnya,
    caranya tumbuk daun sirih sampai halus, setelah itu hasil dari tumbukan tersebut oleskan dibagian kulit yang gatal tersebut.
  9. Cairan dau sirih bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematika tanaman.
  10. Sirih hijau daunnya dipercaya bisa mengobati demam berdarah, caranya masih sama dengan meminum air rebusan daun sirih/oleskan tumbukan daun sirih ke seluruh bagian tubuh agar nyamuk tidak menggigit lagi.
  11. Meminum air rebisan bisa memperlancar haid yang tidak teratur
  12. Bisa mengobati asma
  13. Bisa mengobati radang tenggorokan.
Semoga bermanfaat dan terimakasih karena sahabat telah berkunjung keblog ini.
Wassallam...

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat dan mohon dukungannya serta bantuannya.
#Salam sukses

+ Follow this blog
Join on this site

with Google Friend Connect