Manfaat Daun Manggis - Tutorial Online

Breaking

Wednesday 13 July 2016

Manfaat Daun Manggis

Assalamuallaiukum wr,wb sahabat
Semoga dalam keadaan sehat dan dalam lindungan ALLAH SWT.
Sahabat pasti telah merasakan keenakkan buah manggis, disini saya akan membahas manfaat daun manggis bagi kesehatan manusia..

Manggis adalah salah satu jenis tanaman batang dan digolongkan sebagai tanaman yang tua. Manggis pun termasuk ke dalam tanaman musiman, karena itu kita tidak bisa menemukan buah manggis setiap saat. Pohon manggis akan secara optimal menghasilkan buahnya setelah berumur 5 tahun
Manggis adalah salah satu jenis tanaman batang dan digolongkan sebagai tanaman yang tua. Manggis pun termasuk ke dalam tanaman musiman, karena itu kita tidak bisa menemukan buah manggis setiap saat. Pohon manggis akan secara optimal menghasilkan buahnya setelah berumur 5 tahun, dihitung mulai pada saat di tanam, namun untuk daun manggis sendiri, kita tidak perlu harus menunggu sampai 5 tahun karena daun yang muda dan daun yang tua akan memberikan khasiat yang sama saja. Dalam pemanfaatan daun manggis, yang kita perlukan hanya ekstrak dari daun manggisnya saja.
Hal yang perlu dilakukan dalam pengolahannya cukup sederhana, yaitu dengan cara merebus daun tersebut atau dengan menumbuk daunnya hingga sari dari daun manggis keluar.
Cukup menggunakan 3 lembar daun manggis yang di rebus dengan air sebanyak tiga gelas, rebusan daun manggis tersebut akan menjadi 1,5 gelas yang dapat kita minum 2 x 1 hari yaitu di pagi hari dan di sore hari. Air ini akan bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan dan gangguan metabolisme pada tubuh kita.
Khasiat Daun Manggis
Di bawah ini adalah beberapa khasiat dari daun manggis yang di kemukakan oleh para ahli dan para peneliti yang terkemuka.
ü  Daun manggis dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker. Khususnya penyakit kanker hati, usus dan paru-paru, karena ekstrak atau sari dari daun manggis dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.
ü  Daun manggis mengandung zat yang dapat merubah lemak menjadi energi. Sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan tubuh. Ketika kita mengkonsumsi ekstrak dari daun manggis, sesaat kita akan merasakan peningkatan stamina pada diri kita.
ü  Khasiat dan manfaat lainnya adalah mengurangi rasa sakit dari segala macam penyakit apabila kita mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.
ü  Ekstrak dari daun manggis mengandung catechins yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Dikatakan bahwa zat ini lebih efektif dari pada vitamin C dan Vitamin E dalam melawan radikal bebas.
ü  Karena ekstrak yang terkandung pada daun manggis dapat melunakkan lemak yang mengeras, maka daun manggis ini pun bisa di gunakan sebagai obat bagi penderita penyakit darah tinggi atau hipertensi yang sebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah oleh partikel-partikel terutama lemak.
ü  Orang-orang di zaman dahulu sering menggunakan daun manggis sebagai obat alternatif untuk mengobati diare dan memang terbukti memiliki khasiat secara turun menurun.
ü  Karena fungsinya yang dapat mengurangi lemak maka daun manggis pun dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.
ü  Salah satu faktor penyebab sakit mata adalah karena terkumpulnya lemak pada mata yang menyebabkan mata menjadi minus. Oleh karena itu ekstrak dari daun manggis pun bermanfaat untuk mengobati mata.

Terimakasih atas waktunya dan semoga bermanfaat..
Mohon share ke sahabat yang lainnya..
Wassallam…….

2 comments:

Semoga bermanfaat dan mohon dukungannya serta bantuannya.
#Salam sukses

+ Follow this blog
Join on this site

with Google Friend Connect