Manfaat Kangkung - Tutorial Online

Breaking

Wednesday 8 June 2016

Manfaat Kangkung


Assalamuallaikum wr,wb sahabat
Apa kabar?
Semoga dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

Manfaat kandungan yang paling unik dan tidak pernah disangka-sangka adalah kehebatannya dalam memerangi diabetes. Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan dan hargannya pun terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, sayuran ini sangat mudah penenamannya sehingga dapat dengan mudah dicari di pasar-pasar dan pedangang sayur.
 Gak perlu kita basa-basi lagi ya, karena tentunya sahabat seluruh Indonesia khususnya pasti mengenal sayuran kangkung ini. Yang bisa diolah dengan aneka masakan didapur ya tentunya ditangan yang ahli seperti ibu kita ya………………..

Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah, Asia, Australia dan Afrika.
Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur, di parit hehe…….
Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 minggu penanaman dan hasilnya sudah bisa dipanen Insyaallah………

Berbagai jenis kangkung sudah dibudidayakan secara luas. Yang terdapat di Indonesia adalah jenis kangkung darat dan air. Kangkung air memiliki daun yang lebih lebar dan berwarna hijau kelam dan bungga yang berwarna keunguan. Sedangkan kangkung darat bentuknya kering dan lebih kecil daunnya dengan bungga berwarna putih.
Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayur lain, sejumlah zat yang peting yang terkandung pada sayur kangkung yaitu vitamin A, C, dan B kompleks, Kalium, fosfor dan zat besi.
Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan :
*      Pencegah anemia
Badan yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing hal ini merupakan tanda-tanda sahabat lagi kekurangan darah. Kandungan zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

*      Pencegahan diabetes
Mengkonsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh.

*      Meningkatkan kualitas otak
Vitamin B kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga kangkung baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan karena mampu meningkatkan kecerdasan otak anak tersebut.

*      Menjaga kesehatan jantung
Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi pada vitamin A dan C serta Karoten, nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh sebagai antioksidan sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi, maksudnya kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, penyebab arteri tersumbat, serangan jantung dan stroke, selain itu folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosisten, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung/stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

*      Menjaga kekabalan system imun
Sayuran hijau memiliki banyak sitem yang membantu menjaga dan meningkatakan system imun  dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka  sahabat dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadappenyakit.

*      Baik untuk mata
Mungkin sahabt tidak menyangka bahwa sayuran kangkung dapat menjaga kesehatan mata tapi sekarang sahabat jangan berfikiran seperti itu karena didalam kandungan sayuran kangkung terdapat vitamin A. karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata sahabat. Selain itu zat ini dapat juga membantu mencegah katarak.

       Demikian pembahasan tentang manfaat sayuran kangkung,tentunya masih banyak manfaat yang saya uraikan diatas hanya sebagian kecil dan saya harap saya kan bisa memperbarui hal ini.
Terimakasih telah berkunjung disni dan semoga bermanfaat
WassaLlam………


No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat dan mohon dukungannya serta bantuannya.
#Salam sukses

+ Follow this blog
Join on this site

with Google Friend Connect