Manfaat Kolang-Kaling - Tutorial Online

Breaking

Wednesday 1 June 2016

Manfaat Kolang-Kaling

Assalamualaikum wr,wb sahabatku…
Selamat menjadi hidup yang senantiasa baik ya…
Dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

            Pada kesempatan ini yuk kita intip manfaat dari buah kolang-kaling ini?
Buah ini pasti sahabat gemari, apalagi saat untuk berbuka puasa…

Dengan berbagai olahan yang bisa diracik pada buah ini, saat dibulan puasa hal yang sangat gampang untuk mencari olahan dari buah ini, di tempat saya Meranti di kota selatpanjang banyak penjual buah kolang-kaling ini… sahabat tinggal memilih yang masih untuh/ sudah dijadikan olahan .. bagi sahabat yang gemar dengan buah yang satu ini? Sahabat juga boleh untuk datang ke Meranti emang sih ditempat sahabat juga banyak  para pedangang yang menjual aneka macam dari olahan buah kolang-kaling ini. Tapi ngak salah juga datang di meranti sambil jalan-jalan hehehe…


Dengan berbagai olahan yang bisa diracik pada buah ini, saat dibulan puasa hal yang sangat gampang untuk mencari olahan dari buah ini, di tempat saya Meranti di kota selatpanjang banyak penjual buah kolang-kaling ini… sahabat tinggal memilih yang masih untuh/ sudah dijadikan olahan .. bagi sahabat yang gemar dengan buah yang satu ini? Sahabat juga boleh untuk datang ke Meranti emang sih ditempat sahabat juga banyak  para pedangang yang menjual aneka macam dari olahan buah kolang-kaling ini. Tapi ngak salah juga datang di meranti sambil jalan-jalan hehehe…
Saat memakan buah ini terasa nikmat dan manfaat dari buah ini selain enak dimakan juga banyak yang bisa dirasakan, namun sebelum memakan sesuatu hal jangan lupa baca do’anya biar makanan yang dicari dari rezeki halal-halal menjadi lebih banyak berkahnya buat kita yang selalu mengingat Allah SWT. Amiiin….
Dalam bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes... Itu artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata).

Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 94%. 

Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram.

Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.



Berikut manfaat dan khasiat yang bisa dirasakan pada buah ini:

*      Atasi Nyeri dan Persendian

Pada buah ini terdapat Gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa kolagen, kolang-kaling juga mengandung Albumin adalah protein plasma tubuh kita yang mencapai 60%. Kolang-kaling mengandung serat untuk membantu pencernaan dan bekerja sama dengan Gelatin, Mineral, Kalium, Fosfor dan Besi, bagi sahabat yang memiliki penyakit tulang kejepit (HNP) sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling.

*      Memperkuat Tulang

Kita sering mendengar bahwa cara memperkuat tulang dan agar selalu baik pasti harus mengkonsumsi susu, ya benar hal tersebut adanya karena susu memiliki kalsium yang tinggi, akan tetapi susu memiliki risiko berupa kalori yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan. Buah kolang-kaling bisa juga sebagai alternatif karena memiliki zat yang diperlukan oleh tulang sama hal nya dengan susu, dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. 

*       Sebagai Makanan Diet

Dengan kandungan pada buah kolang-kaling jika kita mengkonsumsinya akan menimbulkan rasa kenyang, sehingga apabila Kamu mengalami keadaan keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.

*      Kaya akan Kandungan Serat

Buah kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak, dimana serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita, dimana dengannya kita dapat terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun, dengan mengkonsumsi 5-10 butir kolang-kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar pencernaan.

*      Sebagai Obat gatal-gatal.

Selain buahnya yang sangat berkhasiat untuk tubuh manusia kulitnya juga bisa dijadikan sebagai obat yaitu cairan/getah yang dikeluarkan pada kulitnya, akan tetapi untuk menerapkan ini dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.

Semoga bermanfaat ya……..
Terimakasih karena telah berkunjung disini
Wassallam…………



No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat dan mohon dukungannya serta bantuannya.
#Salam sukses

+ Follow this blog
Join on this site

with Google Friend Connect